Sunday, April 22, 2018

9 Keunggulan Wisata Raja Ampat

Daya Tarik Objek Wisata Raja Ampat


Never Stop Travelling - Raja Ampat yakni satu rangkaian gugusan pulau yang duanya sama berdekatan, persisnya ada 4 gugusan pulau. Gugusan pulau ini termasuk dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Saat ini Raja Ampat jadi tujuan wisata terutama buat mereka yang senang menyelam atau diving. Di sini ada banyak spot diving yang menarik, salah satunya di Pulau Misool, Salawati, Waigeo, Batanta.

Sebagian besar beberapa orang di Raja Ampat miliki mata pencaharian jadi nelayan yang menduduki kampung kecil juga tinggal berjauhan bahkan beda pulau. Beberapa orang Raja Ampat demikian ramah, terlebih saat terima tamu dari luar. Selain itu mereka juga tetaplah dapat hidup rukun walau memeluk keyakinan yang berbeda (ada kristen juga muslim).

Kepulauan Raja Ampat ini miliki potensi wisata yang besar terutama untuk penyelaman. Raja Ampat diakui jadi satu diantaranya lokasi menyelam dari 10 lokasi penyelaman terbaik di dunia. Flora juga faunannya termasuk juga demikian lengkap. Dengan lokasi karang yang terbaik di nusantara.

Raja ampat yang dimaksud pantai dengan laut lepas dengan pulau-pulau kecil yang berada di sekitaran pantai ini, benar-benar miliki tempat yang sesuai untuk wisatawan lakukan diving atau snorkeling dengan saksikan berbagai terumbu karang yang tetap masih terbangun keindahannya. Untuk ini, wisatawan perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti perabotan snorkeling. (baca : persiapan untuk liburan ke pantai)

Perairan ini menaruh setidaknya 1000 gaya ikan karang keras, 540 gaya karang keras, juga 700 gaya moluska. Jadi 75% spesies karang yang ada didunia berada di perairan Raja Ampat, juga tdk ada lokasi perairan dengan luas sama miliki karang dalam jumlah jumlah yang ada di Raja Ampat. Sebagian spesies yang bisa kita jumpai di sini, yakni ikan pari manta, kuda laut katai, juga wobegong.

Keunggulan Dari Objek Wisata Raja Ampat

Memiliki jumlah gugusan karang paling besar juga lengkap didunia 

Raja Ampat, kecuali indah pemandangannya, juga miliki jumlah gugusan karang terbesar di dunia, ialah meraih 75% dari spesies karang yang ada didunia berada di Raja Ampat. Menurut kajian yang dikerjakan, ada setidaknya 1000 gaya ikan karang, 540 gaya karang keras (75% dari keseluruhnya gaya yang ada didunia), 700 gaya moluska, juga terumbu karang hidup meraih 90%.

Flora juga faunanya terlengkap didunia 

Contohnya bermacam jenis biota laut yang dapat kita dapati di lokasi ini. Seperti, wobbegog, ikan pari manta, kuda laut katai, ikan eviota raja (seperti ikan gobbie yang termasuk dalam ikan endemik Raja Ampat), hiu karang, ikan tuna, barakuda, cendrawasih wilson, cendrawasih merah, berbagai burung nuri juga kakatua, maleo waigeo, kuskus waigeo, beraneka macam anggrek, dll. Selain itu Raja Ampat miliki rimba mangrove, padang lamun, pantai tebing juga berbatu.

Memiliki peninggalan sejarah yang menarik 

Di Raja Ampat kecuali sanggup lakukan kesibukan menyelam, kita bisa pula saksikan peninggalan masa waktu lalu. Seperti di Pegunungan Misool, ada peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang ada pada dinding batu karang. Cap-cap tangan yang ada di Misool tidaklah ada di dalam gua, walaupun itu dekat dengan air laut.

Diprediksikan usianya telah meraih 50. 000 th.. Serta ini yaitu satu diantaranya arahan mengenai bagaimana manusia dapat menebar dari bagian barat nusantara s/d papua juga melanesia. Pada satu diantaranya titik penyelaman ialah Pulau Wai, kita bisa pula saksikan sisa-sisa sejarah berupa pesawat yang karam saat perang dunia II.

Beberapa orang yang ramah 

Beberapa orang di Raja Ampat tenar dengan keramahannya, terlebih selagi hadirnya tamu dari luar daerah. Beberapa orang Raja Ampat sebagian besar bekerja jadi nelayan juga mereka hidup di perkampungan yang kecil juga tempatnya berjauhan sampai ada yang beda pulau.

Mereka demikian senang apabila kita bawakan oleh-oleh berupa pinang atau permen. Lalu kita sanggup mengobrol dengan beberapa orang. Acara mengobrol sambil kunyah pinang dinamakan papa-para pinang. Para-para pinang diselingi dengan duanya sama lempar mob atau lelucon atau cerita lucu. Beberapa orang Raja Ampat biasanya memeluk agama islam juga kristen. Mereka hidup berdampingan dengan rukun juga damai.

Salah satu spot diving terbaik didunia 

Raja Ampat yang demikian tenar dengan divingnya yaitu satu diantaranya spot diving yang paling baik di dunia. Beberapa lokasi penyelaman itu ada di 4 pulau ialah, Waigeo, Salawati, Bantanta, Misool. Saat lakukan penyelaman di Manta Point (Arborek, Selat Dampier) kita akan memperoleh pengalaman menarik ialah menyelam dengan ditemani ikan pari manta.

Menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, kita akan menyelam dengan sebagian ribu ikan (satu diantaranya, ikan tuna, snappers, giant trevallies) juga pengalaman paling menegangkan di antara itu semua yakni selagi menyelam dengan sebagian ribu ikan barakuda! Memanglah, sih, ikan ini tidak memiliki resiko. Akan tetapi ada yang memiliki resiko juga ialah barakuda soliter/sendiri. Sebagian gaya ikan yang seringkali kita saksikan salah satunya, hiu karang juga penyu.

Saat lakukan penyelaman di Batanta, Salawai, juga Waigeo, kita dapat bertemu dengan ikan dugong juga duyung. Lokasi Raja Ampat yang miliki banyak pulau dengan selat yang termasuk juga sempit, buat lebih dari satu titik penyelaman arusnya akan kencang di saat-saat khusus. Demikian pas untuk lakukan drift dive ialah penyelaman ikuti arus kencang dengan menerobos sebagian ribu ikan.

Memiliki lebih dari satu atraksi menarik 

Sebagian atraksi menarik yang dapat dilihat di Raja Ampat yakni atraksi suling tambur (Waigeo) juga festival maritime/bahari Raja Ampat yang berpusat di Waisai, Pulau Waigeo, juga ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Memiliki sebagian tempat yang eksotik 

Banyak tempat yang eksotik di Raja Ampat. Jadi Contoh, Pulau Ayau yang dimaksud pulau karang raksasa, Pulau Pensil (pulau karang yang punya bentuk lancip sama pensil). Pantai yang cantik, Pantai Yefpian, Bannos, Panun, Olobi, Teteruga, Pantai Jam, Pantai Daram, dll.

Sovenir juga kuliner unik 

Makanan yang dapat kita cicipi selagi berkunjung ke Raja Ampat, salah satunya yakni papeda juga barapen ayam ala Walesi. Siapa yg tidak kenal dengan papeda. Kudapan yang terbuat dari tepung sagu ini demikian popular di grup beberapa orang juga wisatawan. Pembuatan papeda ini termasuk juga gampang. Cukup cuma menuang air panas dalam tepung sagu juga selamanya diaduk sampai punya bentuk sama lem.

Makan papeda paling pas yakni dengan olahan berupa ikan asam, bumbu kuning, dengan menambahkan sambal. Mantap! Coba juga minuman tradisionil yang disebut saguer, minuman yang datang dari kelapa murni. Terakhir, barapen ayam ala Walesi tidak dapat ketinggalan, ya. Perlu di mengetahui bila Walesi yakni nama satu diantaranya suku yang ada di Wamena.

Langkah memasak kuliner yang satu ini yakni dengan memakai batu yang dibakar sampai merah, maka taruhlah dalam drum yang telah ditanam di tanah. Kemudian input sayuran, ubi manis, serta ayam yang telah dibumbui. Lalu sayuran, ubi, juga ayam itu disiram menggunakan minyak. Langkah akhir yakni tutup drum pakai plastik tahan panas.

Selain kuliner, Raja Ampat punyai berbagai souvenir yang bisa pula kita bawa jadi oleh-oleh. Rahang hiu dengan gigi yang tetap masih menancap kuat pada rahang itu. Souvenir ekstrim ini dapat didapat seharga Rp 300. 000, - saja. Kalung, piring untuk mas kawin, anyaman tas, juga yang paling langka yakni kalung Raja Kofiau (dari tengkorak kepala anjing juga tulang ikan duyung). Kalung Raja Kofiau dapat didapat dengan harga Rp 3000. 000, -.

Di Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai ada juga Art Shop yang jual berbagai type topeng bermacam bentuk juga ukuran. Tiap-tiap topeng miliki cerita yang pasti berbeda. Harga nya kurang lebih pada Rp 300. 000, - s/d Rp 1000. 000, -. Patung-patung kayu ada juga. Umumnya di buat dengan kayu besi, berkat ketahanannya pada air. Patung di banderol seharga Rp 300. 000, -.

Berbagai kesibukan seru kecuali menyelam 

Memanglah Raja Ampat tenar jadi surganya sebagian penyelam. Tetapi tidak akan menyelam selamanya, bukan? Serta ada pula wisatawan non penyelam yang pasti inginkan juga nikmati keindahan Raja Ampat. Selain selam, lebih dari satu kesibukan seru sanggup kita lakukan di sini, ialah :

Birdwatching cendrawasih ;
Mendaki wayag (gugusan karst) ;
Fotografi untuk yang kegemaran ;
Memburu kerajinan unik Papua juga oleh-oleh. Saat di Sorong jangan sampai lupa beli roti gulung abon yang lezat merasa. Ukuran besar dengan diameter 10 cm juga abonnya melimpah. Harga satu jumlah Rp 10. 000, - juga dapat dibeli sepanjang jalan Ahmad Yani juga Bandara Domine Eduard Osok.

No comments:

Post a Comment