Thursday, April 26, 2018

Wisata Air Terjun Di Lombok

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok yang Wajib Dikunjungi



Never Stop Travelling - Lombok memanglah senantiasa tawarkan pesona wisata alam yang komplit. Lombok miliki banyak pantai wisata dan tempat wisata pegunungan yang sejuk di kaki Gunung Rinjani. Jika Anda lebih suka pada wisata alam seperti area pegunungan, Air Terjun Tiu Kelep di Lombok mungkin saja jadi diantara satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini ada diatas Air Terjun Sendang Gile Lombok serta masihlah ada satu area dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Tersebut info komplit tentang air terjun ini. 

Keindahan Tiu Kelep 


Keindahan Tiu KelepAir Terjun Tiu Kelep menjadi air terjun di kaki Gunung Rinjani yang begitu menarik serta menjadi diantara satu Tempat Wisata Alam di Lombok Utara. Air terjun ini begitu sejuk karna memanglah ada di area alam yang masihlah begitu natural. Kekhasan dari air terjun ini yaitu kehadiran air terjunnya yang seperti gordin, yakni dengan berapa titik aliran air. Air terjun ini tingginya kira-kira 42 meter serta keadaannya bertingkat. 

Nama Tiu Kelep di ambil dari bhs suku Sasak yang tempati permukiman etika di kaki Rinjani. Arti Tiu Kelep yaitu kolam terbang. Tujuannya, air cipratan dari air terjun ini juga akan terbang karna debet air yang deras. Maka dari itu, misalnya bertandang waktu ada matahari yang cocok, juga akan nampak pelangi di air terjun ini. 

Debet airnya juga cukup deras serta ditampung oleh kolam di bawahnya yang airnya tidaklah terlalu dalam. Suhu airnya begitu sejuk serta buat beberapa wisatawan tidak mau melupakan kesibukan bermain air disana. Diluar itu, situasi alami benar-benar sangat merasa oleh karena ada tanaman serta pohon-pohon hijau di sekelilingnya. 

Wisata Air Terjun di Lombok ini tempatnya ada di kaki samping utara Gunung Rinjani. Pendaki Gunung Rinjani yang juga akan naik lewat rute Senaru akan melalui rute pendakian air terjun ini serta Air Terjun Sendang Gile. Jika Anda memiliki rencana mendaki Gunung Rinjani utk menapatkan pemandangan yang menarik sepanjang masa pendakian, mungkin saja rute pendakian senaru ini dapat Anda cobalah.

Lokasi Tiu Kelep 


Lokasi Tiu KelepLokasi Air Terjun Tiu Kelep yaitu di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Tempatnya berada pada atas dari air terjun Sendang Gile yang dapat juga dikunjungi jadi tempat wisata. Jika air terjun Sendang Gile dapat dikunjungi cuma dengan jalan kaki 15 menit dari pintu masuk, jadi utk dapat menjangkau Tiu Kelep, wisatawan butuh jalan kaki lebih kurang 45 menit. Tetapi pemandangan yang ada pastinya juga akan begitu memukau. 

Untuk menuju kesana, Anda dapat ambil rute Pesisir Barat atau rute Lendang Banjur. Tersebut penuturannya. 

Rute Pesisir Barat 

Perjalanan dengan rute ini dapat di mulai dari area Pantai Senggigi dengan menuju ke arah Bukit malimbu. Setelah 2 jam perjalanan, Anda juga akan hingga di area Desa Senaru. Tetapi rute ini dapat dibuka cuma dengan mobil pribadi atau misalnya mengikuri layanan agen travel. Sedang utk transportasi umum tidak ada di rute ini. 


Rute Lendang Banjur 

Kelebihan Tiu Kelep yaitu menjadi Tempat Wisata yang Pas utk Backpacker karna dapat dibuka dengan kendaraan umum. Rute ke-2 ini pas utk backpacker atau wisatawan yg tidak memakai kendaraan pribadi, karna rute ini dapat dibuka utk transportasi umum. Anda dapat melalui rute ini dari pasar Lendang Banjur di Gunung Sari serta perjalanan menuju Senaru juga akan meniti 2, 5 jam perjalan. 

Dari pintu gerbang, Anda dapat berkunjung ke terlebih dulu Air Terjun Sendang Gile yang ada di 15 menit dari sana. Baru lalu di jalur itu juga akan ada jalur beda utk menuju ke Tiu Kelep. Memanglah juga akan memerlukan sedikit perjuangan utk dapat sampai di Tiu Kelep. Anda juga akan ditempatkan pada jalan setapak alami, lantas juga akan hingga di tangga yang cukup curam. Lantas juga akan menyeberang sungai serta menambahkan sekali lagi perjalanan di jalan setapak. Baru juga akan hingga di Air Terjun Tiu Kelep yang indah. 

Tips Wisata 

Jika Anda memanglah tertarik utk berkunjung ke air terjun ini, di bawah ini terdapat banyak anjuran wisata yang butuh dicermati, yakni : 

Bawa pakaian tukar, karna lokasi ini yaitu lokasi yang juga akan buat Anda tidak sangsi utk masuk ke air. Jika juga Anda tidak senangi bermain air, cipratan dari air terjun yang debitnya deras ini dapat juga buat pakaian Anda basah serta butuh ditukar sebelumnya meninggalkan lokasi wisata itu. 
Hindarkan kunjungan waktu musim hujan, karna di kuatirkan debet air juga akan begitu deras serta membahayakan pengunjung. 
Walaupun terdapat banyak warung makanan, lebih baik Anda membawa bekal makanan dari tempat tinggal. 
Pakai alas kaki yang pas utk trekking, seperti sendal gunung atau sepatu gunung. Hindarkan alas kaki yang licin serta tidak aman. 
Pakai pengaman rain coat utk tas, terlebih misalnya didalam tas terdapat beberapa benda elektronik yg tidak bisa terserang air. 
Jaga kebersihan obyek wisata dimana saja Anda ada. 
Tetaplah berlaku sopan di seluruhnya area wisata. 
Janganlah mengakibatkan kerusakan tanaman atau buang sampah asal-asalan. 
Bawa camera anti air misalnya Anda memanglah tertarik utk berfoto-foto di area wisata ini. 
Itulah berapa Anjuran Wisata ke Air Terjun yang dapat dilaksanakan. Satu hal sekali lagi yang penting diketahui yaitu dimuka pintu loket air terjun umumnya juga akan ada guide yang tawarkan harga yang cukup lumayan. Jika Anda tertarik utk memakai layanan mereka, jadi bisa Anda menyewanya. Tetapi misalnya Anda tidak mau memakai jasanya, tolaklah dengan halus. Sesungguhnya utk hingga di air terjun, layanan guide tidaklah terlalu diperlukan karna lintasannya lumayan gampang dibarengi. 

Harga Tiket Masuk 

Untuk nikmati keindahan Tempat Wisata di Lombok ini, Anda tidaklah perlu membayar mahal, karna harga ticket yang perlu dibayar cuma Rp 5. 000 saja. Pastinya harga ini begitu murah misalnya dibanding dengan keindahan alam yang juga akan ditemui. Maka dari itu, lebih baik pengunjung tetaplah melestarikan keindahan alam itu dengan tidak buang sampah asal-asalan. 

Demikianlah berapa keterangan tentang tempat wisata Air Terjun Tiu Kelep di Senaru Lombok Utara. Mudah-mudahan artikel ini berguna serta dapat berikan info yang akurat. Selamat liburan.

No comments:

Post a Comment