Sunday, May 13, 2018

Destinasi Wisata di Kota Purwokerto

5 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi



Never Stop Travelling - Selain terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera, Purwokerto juga menghidangkan aneka tempat wisata yang tawarkan keindahan bak surga dunia. Salah nya ialah Small Word. Small Word tawarkan tempat wisata alam serta sejarah yang dikemas dengan unik serta kreatif. Di Small Word, Anda dapat lihat miniatur bangunan keajaiban dunia yang dikemas dengan begitu cantik. 

Walau tempat wisata di Purwokerto ini baru diresmikan pada bln. September 2016 lantas, namun telah cukup digemari oleh wisatawan terlebih kawula muda. Bagaimana tidak? Banyak spot cantik yang pas untuk penuhi dinding Instagram. Disana Anda dapat juga lihat bunga-bunga bermacam warna yang bisa menyejukkan mata. 

Selain Small Word, ada juga 10 tempat wisata di Purwokerto beda yang harus Anda kunjungi. Apa saja itu? Berikut infonya.

Baturraden


Baturraden termasuk tempat wisata favorit yang harus Anda kunjungi. Letaknya tepat di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat meniti perjalanan dengan memakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi. 

Bila menginginkan memakai kendaraan pribadi, hati-hatilah waktu melaju. Pasalnya, medan pegunungan yang naik-turun cukup menguji kekuatan Anda dalam berkendara. Sesampainya disana, Anda dapat nikmati penorama pegunungan yang asri, komplit dengan pohon-pohon yang teduh. Anda juga dapat rasakan kesejukan udara pegunungan. 

Tempat wisata Baturraden termasuk juga tempat wisata yang cukup lengkap. Di tempat wisata di Purwokerto ini ada banyak wahana wisata yang bisa di nikmati dengan keluarga, misalnya kolam renang, kolam luncur, sepeda air, terapi ikan, sampai pemandian air panas. Di lokasi wisata ini ada juga kebun binatang mini yang dapat dikunjungi dengan keluarga. 

Diluar itu, ada museum tempat menaruh kerangka satwa Indonesia serta teater Baturraden yang dikemas dengan unik. Ya, teater Baturraden adalah satu pesawat yang telah disulap jadi satu teater. Teater ini memutar film berdurasi 10-15 menit, yang membahas mengenai kekayaan pariwisata, budaya, serta kekayaan alam Banyumas. 

Harga ticket masuk Baturraden yaitu seharga Rp14. 000, telah termasuk juga ticket masuk, berenang, pemandian air panas, serta permainan sepeda air. Bila menginginkan berkunjung ke kebun binatang mini, Anda tinggal menaikkan Rp8. 000, 00 saja. Murah, bukan?

Baturraden Adventure Forest


Tempat wisata ini ada dalam kompleks wisata alam Baturraden. Baturraden Adventure Forest atau yang umum dimaksud BAF tawarkan pengalaman bertualang di alam terbuka. Ada banyak program wisata yang mereka menawarkan, misalnya mountain adventure, water adventure, tree adventure, serta eco adventure. 

Dari semasing program, terdiri sekali lagi jadi dua pilihan paket wisata. Paket wisata sehari serta paket wisata setengah hari, dengan tarif semasing Rp230. 000 serta Rp150. 000. Tarif ini telah termasuk juga desain serta kelengkapan program, akomodasi, makan, makanan ringan, tenaga medis, serta asuransi. 

Oh ya, pengelola juga sudah mempersiapkan tenda yang dapat disewa oleh pengunjung. 

Pancuran Pitu Baturraden dan Goa Sarabadak


Pancuran Pitu Baturraden juga sukses jadi satu diantara tempat wisata di Purwokerto yang harus dikunjungi. Tempatnya masih tetap terdapat dalam kompleks wisata Baturraden. Anda dapat menempuhnya dengan jalan kaki sejauh 2, 5 km. Bila malas, Anda dapat memakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan melalui Bumi Perkemahan Baturraden. 

Pancuran Pitu Baturraden menghidangkan pemandangan alam yang elok. Diluar itu, ada juga sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran. Konon, kandungan belerang dari sumber air panas ini dapat menyingkirkan semua penyakit kulit, seperti gatal-gatal maupun jerawat. Tertarik untuk coba? 

Oh ya, tidak jauh dari situ (sekitaran 50 meter), ada juga tempat wisata Goa Sarabadak yang menghidangkan wisata goa komplit dengan tebing keemasan yang unik. Anda dapat melihat air panas yang bersumber dari Pancuran Pitu Baturraden, mengalir di selama tebing dengan kepulan uap panas. Endapan belerang dari air tersebut yang buat tebing berwarna kekuningan.

Pendakian Gunung Slamet


Gunung Slamet pasti telah tidak asing sekali lagi di telinga beberapa pencinta wisata alam. Dengan ketinggian 3. 428 mdpl, Gunung Slamet diputuskan jadi gunung teratas se-Jawa Tengah (serta ke dua teratas di pulau Jawa sesudah Gunung Semeru).

Untuk menaklukan gunung ini, ada tiga jalur yang bisa dilewati. Jalur selatan lewat Baturraden, jalur barat lewat Kaliwadas, serta jalur timur lewat Bambangan. Dari ke tiga jalur itu, jalur paling akhir berikut (Bambangan) yang mempunyai rute paling dekat. Terkecuali mempunyai jarak yang lebih dekat, pemandangan pada jalur ini yang paling indah. Anda dapat lihat kawanan kera yang “menemani” Anda sepanjang mendaki.

Hal yang paling menarik dari puncak Gunung Slamet adalah pemandangan awan yang terbentang luas selama mata melihat. Anda juga bisa nikmati “negeri diatas awan” waktu ada di tempat wisata di Purwokerto ini.

Ada sedikit panduan untuk mendaki Gunung Slamet. Mendakilah saat musim panas tiba, karna musim hujan juga akan buat jalur pendakian merasa lebih licin. Diluar itu, sediakan stamina fisik serta mental yang baik, karna pendakian ini juga akan banyak kuras fisik serta mental.

Curug Gomblang


Ini adalah satu diantara air terjun ‘curug’ yang tengah hits di Purwokerto. Walau curug ini tidaklah terlalu tinggi, pemandangan yang dipunyai begitu menarik. Terutama ada banyak spot berfoto yang sudah disiapkan oleh pengelola. Lewat spot berfoto itu, pengunjung bisa ambil gambar dengan latar Curug Gomblang. 

Tempat wisata ini ada dalam jarak 17 km dari Kota Purwokerto dengan saat tempuh sekitaran 42 menit saja. Anda dapat masuk lokasi tempat wisata di Purwokerto ini dengan dana yang cukup hemat, cuma Rp5. 000 saja.

No comments:

Post a Comment