Sunday, May 6, 2018

Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi

Inilah 10 Tempat Wisata yang tidak Kalah Menariknya

Never Stop Travelling - Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Memiliki julukan sebagai kota multi etnis, Medan juga sering menjadi tujuan wisata beberapa pelancong, baik domestik serta mancanegara. Terlebih, didukung dengan beragamnya tempat wisata di Medan yang bisa dikunjungi beberapa wisatawan. 

Lalu, tempat wisata di Medan mana saja yang bisa Anda kunjungi? Sebagai panduan, Anda bisa pilih untuk berkunjung ke destinasi populer di bawah ini :

Tjong A Fie Mansion


Tjong A Fie Mansion menjadi destinasi wisata wajib pertama yang harus Anda kunjungi pada saat berada di Medan. Tempat wisata di Medan ini adalah satu museum yang dulunya adalah bangunan rumah milik saudagar Tionghoa terkemuka bernama Tjong A Fie. Pada tahun 2009, rumah ini dengan resmi dijadikan sebagai museum serta pengelolaannya dilakukan oleh keturunan Tjong A Fie. 

Tercatat, rumah ini mulai dibuat pada tahun 1895 serta usai pada tahun 1900 dengan ukuran mencapai 8. 000 meter persegi. Di dalamnya ada total sejumlah 35 ruangan. Rumah ini hadir dengan memakai gabungan pada unsur art deco, Tiongkok, dan Melayu. Konon, pembangunan rumah ini dikerjakan dengan berdasarkan pada desain Cheong Fatt Tze Mansion yang berada di Penang, Malaysia.

Istana Maimun


Tempat wisata di Medan berikutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Istana Maimun. Bangunan ini sering disebut sebagai satu diantara istana paling indah yang berada di Indonesia. Keunikan paling utama dari arsitektur istana ini adalah kombinasi unsur Melayu, Islam, India, Spanyol, serta Italia di dalamnya. 

Unsur Melayu diwakili dengan penggunaan warna kuning yang menguasai istana ini. Disamping itu, penggunaan ornamen lampu, meja, kursi, dan pintu dorong didalam bangunan ini merepresentasikan unsur Eropa. Tidak ketinggalan, sisi atap yang mempunyai lengkungan serupa perahu terbalik adalah desain yang sering ditemui di lokasi Timur Tengah.

Kondisi bangunan serta peninggalan sejarah yang tersimpan di Istana Maimun juga masih tetap terjaga dengan baik. Wisatawan juga dapat menelusuri bermacam penjuru bangunan yang mempunyai luas mencapai 2. 772 meter serta mempunyai 30 ruang ini. Tidak ketinggalan, ada koleksi menarik bernama Meriam Puntung yang konon adalah jelmaan dari Putri Mambang Khayali yang cantik jelita dari Kerajaan Deli Tua.

Masjid Raya Medan


Masjid Raya Medan jadi tujuan wisata harus selanjutnya yang dapat ditelusuri di Medan. Bangunan ini mempunyai umur yang tidak jauh berbeda dengan Tjong A Fie Mansion, pembangunannya dimulai pada tahun 1906, serta usai pada tahun 1909. Bangunannya juga begitu khas, dengan bentuk segi delapan serta bergaya arsitektur percampuran pada Timur Tengah, Spanyol, dan India. 

Pendirian Masjid Raya Medan juga jadi salah satu bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Konon, Tjong A Fie turut menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid ini. Desain yang megah memang membuat pembangunan Masjid Raya Medan butuh biaya besar, total menjangkau 1 juta gulden ketika itu. 

Dengan biaya yang besar itu, tidak heran bila kemegahan masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Al Mashun ini menaklukkan kemewahan istana. Apalagi, material dan perabotan didalam masjid berniat dihadirkan dari luar negeri. Misalnya, marmer yang berasal dari Italia, kaca patri dari Tiongkok, dan lampu gantung yang diimpor dari Perancis.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery


Tempat wisata di Medan selanjutnya adalah museum satwa pertama di Asia Tenggara, yakni Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Di tempat wisata di Medan yang satu ini, Anda bisa melihat kehadiran bermacam jenis satwa hasil buruan yang sudah diawetkan. 

Total, ada lebih dari 2. 000 koleksi satwa yang bisa diketemukan disini. Satwa-satwa itu didapat dari beragam negara, baik yang datang dari Asia, Afrika, atau Amerika. Jenis hewan yang diawetkan juga lengkap, mulai dari komodo, kambing gunung, harimau, hingga rusa.

Gedung London Sumatera


Gedung London Sumatera (Lonsum) dapat menjadi tujuan selanjutnya. Gedung ini dibuat pada tahun 1906 bersamaan dengan kelahiran Ratu Juliana dari Belanda. Bangunan ini diirikan oleh perusahaan bernama Harrisons & Crosfield (H&C) yang datang dari Inggris. 

Gedung ini di kenal jadi gedung yang moderen pada eranya. Buktinya, Gedung yang kemudian dijual ke Pemerintah Belanda ini adalah gedung pertama di Medan yang memakai lift. Keberadaan lift itu juga berikan keringanan untuk beberapa pengunjung untuk mencapai keseluruhan 5 lantai di gedung ini. 

Sekarang ini, Gedung Lonsum masih tetap dipakai jadi ruang perkantoran. Oleh karena itu, beberapa pengunjung yang menginginkan melihat keunikan gedung tua ini baiknya pilih saat kehadiran di akhir minggu, saat kantor tidak beroperasi. Seringkali, ada komunitas pencinta sejarah yang membuat tour berkeliling gedung tua ini.

Kesawan Square


Berkunjung ke Gedung Lonsum, Anda juga direkomendasikan untuk tidak melupakan Kesawan Square. Lokasi Gedung Lonsum memang sangat berdekatan dengan tempat wisata di Medan yang satu ini. Disini, wisatawan tidak cuma dapat temukan jejeran gedung tua bersejarah, tapi ada juga bermacam kafe instagramable yang dapat jadi pilihan tempat nongkrong. 

Diluar itu, bertandang ke tempat wisata ini saat malam hari dapat juga jadi kesibukan yang mengasyikkan. Anda juga akan menjumpai kehadiran tenda-tenda yang tawarkan bermacam jenis makanan. Ada menu halal, ada juga makanan nonhalal. Sinyal untuk mengetahui makanan itu juga gampang, yaitu atribut warna biru untuk kuliner halal serta warna merah untuk menu nonhalal.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang


Tempat wisata di Medan yang menarik selanjutnya yaitu Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Di tempat wisata di Medan yang satu ini, Anda bisa melihat kehadiran keseluruhan sejumlah 2. 700 ekor buaya dengan bermacam ukuran. Dari mulai buaya yang barusan menetas, sampai buaya berumur menjangkau 43 tahun dengan panjang 5 meter. 

Dengan spesial, tempat wisata di Medan ini jadi pilihan wisata mendidik yang pas untuk beberapa pelajar. Mereka juga akan di ajak untuk mengetahui lebih dekat reptil yang satu ini. Tidak ketinggal, beberapa pengunjung dapat juga berusaha untuk berikan makan beberapa buaya. Cukup hanya membayar Rp35. 000, Anda bisa melemparkan bebek ke kolam penuh buaya.

Wonders Water World


Opsi tempat wisata di Medan setelah itu adalah Wonders Water World. Dengan spesial, tempat ini jadi pilihan menarik saat Anda menginginkan berlibur dengan keluarga. Disini, Anda dapat mengajak si kecil untuk coba bermacam jenis wahana permainan air yang menyenangkan. 

Dikenal jadi waterpark paling besar bertaraf internasional di Medan, wahana permainan di tempat wisata di Medan ini memang sangat komplit. Anda dapat coba bermacam jenis seluncuran air disini, dari mulai super loop, topsy turvy, tunnel 

Sementara itu, untuk si kecil, ada kolam spesial anak yang dangkal serta aman. Pilihan permainan di kolam anak juga cukup banyak, salah satunya adalah ember tumpah, air terjun buatan, dan seluncuran air mini.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit


Untuk pilihan tempat wisata alam di sekitaran Medan, Air Terjun Dua Warna Sibolangit mungkin saja pilihan yang pas. Air terjun yang terdapat di Kecamatan Sibolangit ini ada pada ketinggian 1. 270 meter diatas permukaan laut (mdpl). Jaraknya sedikit jauh dari pusat kota Medan, sekitaran 75 km. 

Namun, perjalanan panjang menuju ke tempat wisata ini akan terpuaskan. Air terjun ini mempunyai pemandangan memukau dengan air dua warnanya, yakni biru serta putih keabuan. Perbedaan warna itu berlangsung karna air disini memiliki kandungan belerang serta fosfor. 

Kandungan belerang serta fosfor bukan sekedar beresiko pada warna air di tempat wisata ini. Kandungan itu juga buat suhu air di Air Terjun Dua Warna merasa lebih hangat. Air yang berwarna biru mempunyai suhu dingin, disamping itu air yang lebih hangat miliki warna keabu-abuan. 

Beberapa pengunjung Air Terjun Dua Warna Sibolangit dapat menggunakan saat sepuasnya untuk bermain dibagian kolam dibawah air terjun. Bila ingin, Anda dapat juga pilih untuk berkemah di ruang sekitaran air terjun. Tetapi, yakinkan untuk membawa perbekalan yang memenuhi saat mengambil keputusan untuk menginap disini.

Hillpark Sibolangit


Tempat wisata keluarga selanjutnya yang bisa didapati di sekitaran Medan yaitu Hillpark Sibolangit. Tempat wisata ini beralamat di Jl. Letjend Djamin Ginting Km 45, Sibolangit, Deli Serdang. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota medan, perlu saat perjalanan sekitaran 60 menit berkendara. 

Sesampainya di tempat wisata di sekitaran Medan ini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk coba bermacam wahana permainan. Wahana permainan di tempat wisata ini terdiri dari 3 zona, yakni The Heritage, The Lost City, dan Toon Town. 

Area The Heritage mempunyai keunikan bangunan megah ala kerajaan komplit dengan kastel di dalamnya. Wahana permainan yang berada di sini juga menarik, termasuk juga salah satunya yaitu komidi putar, bumper boat, ombang-ambing, dan tidak ketinggal adalah film berteknologi 4D.

Sementara itu The Lost City mempunyai suasana seperti di jaman prasejarah komplit dengan kerangka dinosaurus. Pilihan wahana permainan disini diantaranya yaitu roller coaster, ferris wheel, dan gua misteri. 

Paling akhir, Toon Town tawarkan ruang permainan dengan topik anak. Wahana permainannya juga berikan jaminan keamanan untuk si kecil, salah satunya adalah kincir mini, taksi gila, mini bom-bom, ataupun baling-baling.

No comments:

Post a Comment